[Resensi] Menulis Buku dengan LibreOffice

Ini adalah ulasan singkat mengenai buku Menulis Buku dengan LibreOffice karya Pak Sokibi. Resensi ini dibuat singkat, dalam artian saya sendiri baru selesai membaca cepat saja (skim reading) untuk bisa mendapatkan gambaran umum tentang isi buku dan agar bisa memberikan komentar.

Singkatnya, inti dari resensi ini hanya dua, yaitu “terkejut” dan “catatan”.

Keterkejutan pertama saya adalah ternyata buku ini tidak cukup jika hanya dibaca saja, melainkan harus dipraktekkan isinya juga, supaya pembaca bisa mendapatkan pengetahuan utuh dari buku ini. Yang kedua, buku isi bisa jadi isinya agak berat untuk pembaca yang belum pernah menggunakan LibreOffice atau yang selama ini hanya menggunakan aplikasi perkantoran sebatas untuk menulis saja, tidak sampai membuat makalah, paper ilmiah atau buku. Sehingga buku ini bisa dikategorikan untuk pengguna pemula hingga menengah.

Dari sini, keluarlah catatan-catatan, seperti misalnya yang pertama, buku ini bisa dibilang sangat teknis, langkah-langkah yang ditulis didalam buku ini perlu untuk langsung dipraktekkan, mengingat buku ini juga mengusung slogan “konsep – praktik – hasil”. Konsepnya sederhanya, langkah-langkahnya cukup jelas, tinggal dipraktikkan, maka pembaca akan mendapatkan manfaat penuh dari buku ini. Yang kedua, buku ini ditulis dengan mengacu pada LibreOffice antarmuka bahasa Indonesia. Dimana secara default, jika kita mengunduh dari situs resminya atau menggunakan LibreOffice bawaan distro linux, hampir semuanya menggunakan antarmuka bahasa Inggris. Sehingga bagi pembaca yang belum terbiasa, atau bahkan tidak terbiasa, perlu waktu untuk menyesuaikan dan memahami maksud dari istilah-istilah yang ada pada buku. Seperti misalnya menu bar yang diterjemahkan menjadi “bilah menu”, scroll bar menjadi “bilah gulir”, side bar menjadi “bilah sisi” atau tool bar yang menjadi “bilah alat”.

Yang ketiga, adalah daftar isinya yang dibuat sederhana, hanya menyebutkan daftar bab dan sub-bab saja (Misal, Bab 1 kemudian dilanjutkan dibawahnya bab 1.1). Padahal, dalam isi bukunya, sub-bab masih “memiliki anak” lagi hingga dua tingkat kebawah (jadinya 1.1.1.1) plus poin-poin pembahasan, dimana dalam penulisan buku ilmiah, seperti buku skripsi, penulisan sub-bab hingga yang paling bawah, disebutkan semuanya di dalam daftar isi (sepengetahuan saya, bisa dikoreksi kalau keliru). Memang, penulis buku ini memiliki alasan kenapa hanya dibuat hingga dua tingkat saja, namun menurut saya pribadi, jika memang ingin dibuat begitu, sebaiknya untuk pembahasan dibawah sub-bab tidak menggunakan angka semua, melainkan ada kombinasi huruf juga. Harapannya, pembaca tidak dibuat bingung dengan kedalaman pembahasan akibat penomoran bab yang sangat banyak, yang mana sub-bab ini tidak disebutkan pada daftar ini.

Terakhir, terlepas dari semua catatan diatas, buku ini tetap layak dimiliki bagi pembaca yang ingin mahir menggunakan LibreOffice, khususnya LibreOffice Writer (alternatifnya Ms. Word), karena meskipun judulnya adalah tentang membuat buku, namun seluruh materi yang ada didalamnya tetap bisa digunakan untuk membuat dokumen lain, seperti misalnya membuat makalah, proposal, laporan atau draft tulisan (berita, novel, dlsb.). Sekian resensi singkat ini, kalau ada komentar, pertanyaan dan lain-lain, bisa lanjut di kolom komentar. Terima kasih sudah membaca sampai sini.

Informasi Buku

Judul: Menulis Buku dengan LibreOffice

Penulis: Sokibi

Penerbit: Self-published

Tahun: 2018

Ketebalan: 250 halaman + 10 pra-halaman

Dimensi: 16 x 21 cm

Bonus:

Buku ini tidak tersedia di toko-toko buku umum karena diterbitkan secara mandiri, oleh karena itu, bagi pembaca yang ingin memilikinya, bisa memesan ke penulisnya langsung melalui tautan dibawah

1. Cara membeli buku lewat penulis

2. Cara membeli buku lewat Bukalapak

*sampel isi buku bisa dilihat di http://s.id/samplebukuLO

Author: AINAN ILMANDA SYAFA`AT

Muslim. Blogger. Asli Surabaya. Selebihnya apa ya?

1 thought on “[Resensi] Menulis Buku dengan LibreOffice”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *